Apa Itu Bandwith ? Ini Dia Pengertian Bandwith Dan Fungsi Bandwith Pada Jaringan Internet

Di era yang modern seperti saat ini, Internet sudah bukan menjadi hal yang baru di kalangan masyarakat. Hampir setiap saat, penggunaan internet meningkat jumlahnya. Istilah bandwith sangat sering dikaitkan pada penggunaan internet. Siapa di antara kalian semua yang tau, apa itu bandwith ?

Bandwidth Internet

Nah buat kalian semua yang belum tau tentang apa itu bandwith,pengaruh bandwith terhadap kecepatan internet dan juga cara kerja bandwith disini kita akan membahas dengan seksama untuk menambah ilmu pengetahuan seputar dunia Internet dan Teknologi.

Buat kalian semua yang sudah berkecimbung ke dunia jaringan, mungkin istilah bandwith ini sudah tidak asing lagi kalian dengar. Namun, untuk masyarakat awam masih banyak yang belum mengetahui tentang apa itu bandwith dan bagaimana cara kerja bandwith tersebut.

Pada umumnya, bandwith ini berkaitan dengan besarnya volume informasi persatuan unit waktu yang bisa digunakan sebagai media tranmisi. Besarnya bandwith ini, memberikan pengaruh terhadap kemampuan akses yang akan di berikan. Dengan adanya bandwith yang besar, maka kemampuan dalam transmisi data menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan bandwith yang kecil.
Pada umunya, bandwith memiliki satuan bps (bit per second). Contohnya saja, disini saya memiliki 120Mbps, berarti kecepatan yang akan di peroleh untuk transfer data sebesar 120 Megabit Per Second atau per detiknya.

Pada artikel yang akan saya berikan kepada teman teman semua disini, akan kita bahas secara rinci tentang pengertian bandwith, fungsi dan juga cara kerja bandwith itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca sampai habis ulasan berikut ini.

Pengertian Bandwith

Bandwith disini merupakan istilah yang menuju pada suatu nilai konsumsi dalam transfer data yang biasa terjadi antara perangkat server dan juga client dalam waktu tertentu. Dalam dunia jaringan computer, istilah bandiwth ini sering dikaitkan dengan data transfer rate yang artinya jumlah data yang di bawa dari satu titik ke titik yang lain.

Agar kalian lebih mudah memahaminya, kalian bisa mengbaratkan bandwith ini sebagai jalan raya, dan kendaraan yang ada di jalan raya tersebut merupakan data yang sedang berjalan dari server ke client. Jika ukuran jalan raya yang lebih luas, maka akan bisa memuat banyak kendaraan dan situasi jalan akan terasa lebih lancer. Nah, begitupun dengan bandwith, semakin besar bandwith yang di berikan, maka semakin besar pula transmisi data yang terjadi pada jaringan tersebut.

Fungsi Bandwith

Setelah kita mengetahui tentang pengertian dari bandwith di atas, maka sekarang kita membahas ke fungsi sebuah bandwith untuk jaringan. Nah, disini ada beberapa fungsi bandwith yang perlu kalian semua tahu, di antaranya adalah sebagai berikut,

Media Transfer Data

Fungsi utama pada sebuah bandwith disini adalah media transfer data yang hamper berlaku di semua jaringan computer. Misalkan saja, disini kalian akan membangun jaringan LAN dan kalian pasti membutuhkan kabel fisik yang akan menghubungkan antara koneksi LAN dengan perangkat komputer yang akan kita gunakan.

Pada kabel LAN tersebut, terdapat jalur yang memungkinkan terjadinya pengiriman data atau penerimaan data dari satu computer ke computer lainnya. Misalnya dari computer server yang mengirim data ke computer client.

Pembatas Kecepatan Data

Fungsi yang kedua dari bandwith adalah sebagai pembatas kecepatan data. Hal ini biasanya di terapkan oleh admin jaringan dalam mengelola sebuah jaringan. Hal ini sangatlah penting karena dilakukan untuk mengindari kecurangan dalam penggunaanya. Misalnya saja jika kalian sedang mengunduh video atau melakukan streaming dengan resolusi HD. Kegiatan di atas merupakan salah satu yang bisa menghabiskan bandwith dalam jumlah yang banyak.

Ketika ada pengguna yang sedang menghabiskan bandwith dengan mendownload atau streaming video, maka hal ini akan berdampak kepada pengguna yang lainya menjadi lambat. Fungsi ini dilakukan agar setiap pengguna yang terhubung pada suatu jaringan dapat menikmati secara seimbang. Misalnya saja, disini saya akan memberikan bandwith 10Mbps per client, maka jika client A sedang mendownload dan streaming video tidak akan mengganggu client B yang sedang menikmati Internet.

Cara Kerja Bandwith

Bandwith disni merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah jaringan, dimana semua aktivitas pengiriman dan penerimaan data membutuhkan bandwith di dalamnya. Untuk cara kerja sebuah bandwith tersebut tidak beda dengan 2 fungsi yang sudah kita bahas di atas.

Namun, perlu kalian ingat bahwasanya bandwith disini bukan satu satunya factor kinerja dalam sebuah jaringan ya. Karena, masih ada beberapa factor lainnya yang akan mempengaruhinya, seperti packet loss, latency, dan sebagainya.

Disaat kalian terhubung pada sebuah jaringam biasanya akan ada batasan volume yang di berikan, Untuk itu, kalian perlu menghemat penggunaan bandwith dengan tujuan kapasitas data yang akan kalian akses menjadi lebih banyak. Sebabnya, semakin besar bandwith yang sudah disediakan, maka semakin besar pula jumlah kapasitas data yang bisa digunakan untuk transfer.

Bagaimana ? sekarang kalian semua sudah banyak yang tahu kan tentang pengertian bandwith, fungsi bandwith, dan juga cara kerja sebuah bandwith pada jaringan computer. Dengan artikel ini, bisa menjadi ilmu pengetahuan kalian dalam dunia jaringa, bahkan mungkin saja yang sudah lama terjun dalam dunia jaringan belum sepenuhnya tau tentang pengerian di atas.

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan kepada teman teman semua tentang pengertian bandwith, fungsi bandwith, dan juga cara kerja bandwith. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa bermanfaat untuk kalian semua dan bisa menambah ilmu pengetahuan kalian semua.

Mas Anggading

Founder dan Chief Editor di Masdewa.com. Lebih suka nonton main ketimbang menulis, menulis kalau lagi mood aja. Salam kenal ya!

Post a Comment

Previous Post Next Post