Begini Kondisi Tubuh Kita Jika Minum Alkohol

Bahaya dari akibat minum Alkohol
Hari ini saya akan membahas fenomena apa yang terjadi di tubuh kita saat kita minum alkohol

Saat minum alkohol itu pasti memiliki efek-efek tertentu dalam tubuh kita ya Seperti contohnya efek jangka pendeknya pasti kita akan memiliki rasa rileks, uforia, bebas berkehendak, namun ingat jangka panjang yg bisa menyebabkan koma, bahkan sampai kematian. Kadar alkohol dari satu Minuman itu pasti beda ya Tergantung jenis dan merk dari 2,5% bisa sampai 40% bahkan sampai 50% ada yang 70%, biasanya minuman-minuman ini dari daerah-daerah perkampungan. Namun dalam tubuh kita sendiri itu punya yang namanya BAC atau blood alcohol concentration, ini dia biasa bisa untuk mengukur sampai di manakah kemampuan tubuh kita untuk bisa mencerna Alkohol tersebut. Karena yang berperan adalah liver atau hati.

Yang pertama-tama kita rasakan saat minum alkohol pasti ada rasa rileks dalam tubuh kita, ini sensasi yang muncul bila kita melihat jenis nih udah santai, enggak ada rasa takut, enggak ada rasa malu, udah lebih cuek. Ini adalah tahapan di mana enaknya minum alkohol kalau kata mereka ya. Kalau tahapan pada pria ini 3 sampai 5 gelas per hari ini sudah cukup, dan wanita 2 sampai 4 gelas per Hari. karena sudah lebih itu sensasi yuphoria dan sensasinya senang tuh sudah tidak ada lagi, akan jatuh ke pasar mabuk alkohol.

Apa itu mabuk alkohol di mana kita sudah mulai merasakan rasa rasa hangat dalam tubuh, pupil melebar, wajah sudah terasa panas, dan kita sudah kurang bisa mengontrol Apakah kitab Ucapkan, apa yang kita lakukan, ini sudah masuk ke fase mabuk alkohol. Di dalam tubuh kita ini sudah mencapai 0,2 kadar BAC nya.

Masuk fase selanjutnya adalah fase dimana kita hilangnya keseimbangan, ini kurang lebih sama dengan fase mabuk alkohol, hanya saja hilang keseimbangan ini yang biasa kita lihat nih orang mabuk tidak bisa mengontrol berat badannya, mau arah ke mana, mau melakukan apa, tidak lama berikutnya dia kan jadi fase namanya pingsan atau Blackout ini yang terjadi pada orang-orang di klub. Ini biasanya kadar alkoholnya sudah berada di angka 0,35. Karena tubuh itu hanya bisa mentolerir dibawah 0,35 tersebut.

Masuk ke fase berikutnya bisa terjadi namanya koma, Liver tidak lagi bisa menghasilkan enzim untuk memecah alkohol tersebut, alkohol dehidrogenase ini adalah enzim untuk memecah alkohol supaya bisa tetap dicerna oleh tubuh. Pada saat liver tidak lagi bisa mencerna, maka alkohol itu akan tersebar ke seluruh tubuh dan terjadi penumpukan, ini yang bisa menyebabkan namnes dimana-mana, bahkan bisa sampai otak, bisa sampai kita tidak bisa berfikir apa-apa itu sudah bahaya.


Fase berikutnya adalah kematian, alkohol bisa menyebabkan kematian, biasanya dalam tubuh kita ini alkohol konsentrasinya sudah lebih dari 0,45% ini sudah fase matikan. Jadi apabila kalian adalah seorang peminum atau suka dengan alkohol, tidak masalah sebenarnya, hanya jangan berlebihan dan minumlah dalam kadar tertentu, apabila tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan Berhentilah. Makanya kontrol penuh dalam diri dan juga teman minum yang baik itu sangat perlu, itu merupakan fase-fase dimana tubuh jatuh keadaan Drob pada saat minum alkohol atau fase-fase apa yang terjadi pada saat kita minum alkohol. Dan tidak lain tidak bukan organ dalam pun bisa kena, alkohol bisa mengganggu sistem pencernaan, yang tadinya kita bisa memecah lemak dalam tubuh, lemak akan bisa tertumpuk.

Dan yang paling penting pada kalian yang binaragawan atau olahraga alkohol itu bisa memecah asam amino dalam tubuh kita, jadi terjadinya penghambatan protein dalam tubuh kita, jadi para binaragawan yang membentuk otot nih Yang udah mau sehat bugar kalau minum alkohol akan akan susah, karena protein dan asam amino akan dipecah yang kita tahu adalah protein dan asam amino itu adalah makanan untuk otot, jadi kalau nggak ada asamamino, otot-otot mau makan apa.

Alkohol juga mempengaruhi organ lain yang penting seperti mata, kita tahu alkohol itu bisa menyebabkan vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah. Makanya kalau kalian melihat orang minum alkohol atau pemabuk biasanya matanya merah, itu karena vasodilatasnya terjadi Pembuluh darahnya membesar. Jadi matanya merah, kulit-kulit nih kalau yang terjadi di kulit ya kulitnya merah, mukanya juga merah, semua merah.

Banyak minum alkohol bisa memicu produksi kortisol berlebih yang kita tahu kortisol ini bisa merusak kolagen dalam kulit. Jadi pada peminum-peminum kita bisa melihat, nggak pasti tapi kebanyakan kulit menjadi keriput, kering, dan kusam. Kenapa Kolagen nya rusak, namun dampak positif dari alkohol juga ada untuk menghangatkan tubuh pada saat cuaca tertentu salju misalnya, lalu yang kedua adalah untuk membersihkan luka, mematikan bakteri bakteri, namun yang saya tekankan disini adalah kadar dan kesadaran kita dalam mengkonsumsi alkohol.


Itu dia tadi beberapa penjelasan mengenai apa sih yang terjadi dalam tubuh kita semoga bermanfaat, jangan lupa share ke media sosial, keteman, keluarga dan ke semuanya. Salam Sehat

Post a Comment

Previous Post Next Post