MPASI | Makanan Pendamping Asi

Makanan Pendamping Asi - MPASI adalah merupakan kependekan dari Makanan Pendamping Asi. Bayi yang sudah berumur 6 bulan sebaiknya diberikan MPASI. Akan tetapi ASI terus tetap diberikan, karena ini hanya untuk makanan pendamping asi.
Pemberian Mpasi untuk bayi


Tujuan memberikan MPASI pada bayi yaitu untuk memperkenalkan makanan baru kepada sang bayi. Sebaiknya pemberian MPASI dimulai sejak bayi berumur 6 bulan. Agar pemberian MPASI mudah ditelan dan dicerna oleh organ sang bayi, buat makanan yang lembek. Banyak makanan pendamping asi yang dapat anda buat.

MPASI pertama yang dapat anda berikan untuk bayi anda.


1. Nasi

Nasi adalah makanan pokok yang harus diperkenalkan pertama kali pada bayi. Caranya yaitu ulek nasi sampai lembut dan kemudian dicampur dengan sedikit air hangat. Usahakan jangan sampai ada nasi yang masih kasar. Karena bisa mengganggu dalam proses menelan makanan pada bayi.

2. Pisang

Pemberian MPASI menggunakan pisang merupakan alternatif kedua. Selain pisang mudah di telan, pisang juga mengandung vitamin yang baik untuk bayi. Untuk memilih pisang yang bagus untuk bayi, pilih jenis pisang yang disarankan untuk bayi anda, diantaranya:

  • Pisang Ambon, memiliki tekstur lembut sehingga mudah untuk dicerna oleh bayi.
  • Pisang Emas, sangat bagus untuk pencernaan bayi.
  • Pisang Susu Coklat, Pisang ini cocok untuk melatih bayi untuk mengunyah.
  • Pisang Kepok, bermanfaat untuk memperkuat sistem imun tubuh.
  • Pisang Kavendis, pisang impor ini sangat kaya akan manfaat.


Pemberian MPASI sebaiknya dilakukan dengan sangat hati-hati. lihat kondisi bayi apakah sudah mampu untuk menelan makanan selain nasi. Karena pertumbuhan setiap bayi berbeda-beda, kita harus teliti dan cermat dalam mengamatinya.

Biasanya orang tua terlalu terburu-buru dalam memberikan MPASI karena mengira bahwa sang bayi sudah siap untuk makan makanan selain asi. Pemberian MPASI yang tidak tepat, biasanya akan menimbulkan alergi pada bayi. makanan yang harus dihindari ketika memberikan MPASI diantarnya ikan, susu sapi, kacang, telur, keju dan roti. Sementara hindari dulu makanan itu, apabila sibayi sudah siap dan tidak alergi baru boleh diberikan.

Tahapan usia bayi untuk diberi MPASI

Setiap Usia bayi memiliki perbedaan cara makan dan jenis makananya. Ada tahapan usia bayi yang harus kita perhatikan.

Pemberian MPASI usia 6 bulan. 

Mpasi hari pertama pada bayi usia 6 bulan sebaiknya diberikan bubur beras yang lembek, ini untuk perkenalan bayi dengan makanan selain ASI. Pada usia 6 bulan anda bisa memberikan makanan seperti sayur dan buah. Contohnya Kentang, Apel, Alpokat, Melon yang dihaluskan. Apabila sudah terbiasa dengan makanan diatas, Anda bisa mencobanya dengan jenis makanan yang dihaluskan sepeti, telor, ayam, daging. Ingat perhatikan kondisi sang bayi, apabila mengalami alergi segera hindari makan tadi.


Pemberian MPASI usia 8 bulan sampai 9 bulan.

Bayi yang berusia 8 bulan, biasanya sudah diharuskan makan tiga kali sehari. Setelah kita perkenalkan makanan yang dihaluskan, diusia 8 bulan kita perkenalkan makanan baru. Pengenalan makanan baru yaitu makanan yang padat, contohnya wortel atau kentang yang dipotong-potong kecil, goreng tapi jangan terlalu keras. beri bumbu cukup dengan garam saja. Hindari dahulu penyedap rasa, cukup dengan  menggunakan garam. Anda juga harus memberikan makanan yang berprotein dan bervitamin seperti buah, sayuran dan daging. Dan jangan lupa berikan pula Asi.

Pemberian MPASI usia 12 Bulan

Bayi diusia 1 tahun, biasanya sudah biasa memakan makanan normal seperti biasa. Akan tetapi terlebih dahulu hindari makanan-makanan pedas. karena usus bayi belum siap untuk mengolah makanan pedas.

Faktor penting dalam pemberian MPASI adalah sebaiknya menghindari untuk memaksakan bayi untuk makan. Karena pada usia 1 tahun, bayi akan makan ketika dia lapar. jadi jangan kuatir bayi kita akan kelaparan.


Itulah Cara tepat memberikan MPASI pada bayi kita. Semoga bermanfaat

Post a Comment

Previous Post Next Post