Cara Mengatasi Kuning Pada Bayi Baru Lahir

Mengatasi Penyakit Kuning bayi

Cara Mengatasi Kuning Pada Bayi Baru Lahir - Pada umumnya Bayi yang baru lahir terserang penyakit kuning. Kita sebagai orang tua harus selalu memperhatikan masa rawan bayi terkena penyakit. Penyakit kuning atau dalam bahasa kedokteran disebut Jaundice merupakan penyakit yang menyerang bayi yang baru lahir minggu pertama setelah kelahiran.

Kita bisa mendeteksi gejala-gejala penyakit kuning, yaitu:


Kulit Bayi Menguning

kita lihat kulit pada bayi. Biasanya bayi yang baru lahir terlihat agak kemerah-merahan. Apabila terserang penyakit kuning maka kulit bayi akan terlihat menguning. Tapi tidak sebegitu jelas warna kuningnya, agak samar-samar.

Baca Juga : MPASI | Makanan Pendamping Asi

Mata Bayi Menguning

Pada bayi yang baru lahir, mata akan terlihat jernih dengan warna hitam dan putih. Apabila terjangkit penyakit kuning Mata bayi akan terlihat kekuning-kuningan. Biasanya di area kelopak mata pun terlihat kekuningan.

Urine Bayi Berwarna Kuning Pekat

Pada Umumnya warna kencing bayi baru lahir biasanya tidak berwarna atau bening. Apabila terserang penyakit kuning warna air seni bayi akan terlihat pekat.

Penyakit kuning ini disebabkan karena zat Bilirubin yang diproduksi saat sel darah merah di pecah meningkat. Proses ini dapat memicu terserang penyakit kuning, karena organ hati bayi yang baru lahir tidak berfungsi sepenuhnya seperti hati orang dewasa. Maka dari itu bayi yang baru lahir pada umumnya terserang penyakit kuning.

Berikut ini cara mengatasi kuning pada bayi baru lahir secara alami


Berikan Asi lebih banyak

Orang tua bayi khususnya ibu, harus berusaha bagaimana caranya agar produksi asi lebih banyak. Makanlah makanan yang banyak mengandung Vitamin. karena dengan banyak mengkonsumsi makanan yang banyak vitamin akan memperbanyak produksi asi.

Menjemur bayi sesudah atau sebelum mandi

Menjemur bayi di pagi hari, bisa mengurangi potensi terhindar dari penyakit kuning. karena sinar matahari dipagi hari itu mengandung vitamin D yang dapat menghilangkan penyakit kuning pada bayi.

Waktu jam menjemur bayi yaitu setelah matahari terbit dan bersinar sekitar pukul 7.00 sampai dengan pukul 9.00 di pagi hari. Lama waktu menjemur bayi sekitar kurang lebih 30 menit. Usahakan bayi jangan di berikan baju alias telanjang. Dan usahakan menutup mata bayi agar tidak kontak langsung terkena sinar matahari.


Dari cara dua diatas mudah-mudahan bisa mengatasi penyakit kuning pada bayi yang baru lahir. Kita sebagai orang tua harus sangat teliti ketika kita menjaga sang buah hati. jangan sampai bayi kita mengalami dehidrasi. berikan selalu asi sebanyak-banyaknya agar anak kita jangan sampai terkena dehidrasi.

Bayi yang beru lahir khususnya bayi laki-laki biasanya akan lebih banyak membutuhkan asupan Asi. perbandinganya bisa sampai dua kali lipat dibandingkan bayi perempuan. Jadi apabila anda memiliki bayi laki-laki jangan kaget kalau sang bayi cepat dan sering menangis minta minum Asi. itu pengalaman dari saya sendiri sebagai penulis. Karena saya sudah mempunyai duan anak, satu laki-laki dan yang satu perempuan. jadi saya perhatikan sangat jauh berbeda konsumsi asi untuk bayi laki-laki dengan bayi perempuan.

Terus berusahalah menjaga bayi anda agar tetap sehat, jangan menyerah dan jangan panik ketika menghadapi masalah penyakit pada bayi. lakukan pemeriksaan rutin pada bayi dan jangan lupa berikan imunisasi bayi sesuai dengan standar imunisasi bayi.

Post a Comment

Previous Post Next Post