Cara Mengatasi Laptop Mudah Panas (Overhat)

Laptop adalah salah satu perangkat yang biasa digunakan untuk bekerja atau hanya untuk bermain game saja. Penggunaan laptop yang berlebihan juga ternyata tidak baik lho untuk laptop kamu, karena penggunaan laptop yang terlalu lama akan membuat laptop kamu cepat panas atau biasa disebut dengan over hat.

Mengatasi Laptop Mudah Panas
Mengatasi Laptop Mudah Panas (Overhat)


Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan laptop menjadi cepat panas, diantaranya adalah sebagai berikut :

Penyebab Laptop Panas


Penggunaan Waktu yang Lama

Menggunakan laptop dengan waktu yang sangat lama akan membuat laptop menjadi cepat panas, hal ini dikarenakan mesin yang ada pada laptop itu akan terus bekerja sampai laptop tersebut dimatikan. Penggunaan laptop yang lama disini adalah seperti laptop yang tidak pernah dimatikan lebih dari sehari, hal ini ternyata bisa membuat laptop menjadi over hat.

Meletakkan Laptop Di Sembarang Tempat

Jika kamu sedang menggunakan laptop, perlu diperhatikan tempat kamu menggunakan laptop tersebut. Jangan kamu menggunakan laptop di atas kasur, karena angin yang ada di dalam laptop tidak bisa keluar dan bisa mengakibatkan panas pada laptop tersebut. Gunakanlah laptop di tempat yang memiliki alas yang keras, seperti di meja, di lantai, atau di kasur dengan beralaskan papan.

Kipas Laptop Tidak Berfungsi

Kipas laptop yang tidak berfungsi juga akan membuat laptop kamu menjadi panas, hal ini dikarenakan kipas pendingin yang difungsikan untuk laptop tidak berfungsi dengan baik, jadi laptop kamu akan mudah panas.

Thermal Paste yang Kering

Thermal Paste adalah Pasta yang ada pada bagian prosessor, biasanya pasta ini befungsi untuk mendinginkan suhu pada prosessor jika panas. Namun, jika pasta tersebut kering yang ada malah laptop kamu akan menjadi lebih panas. Maka lebih baik kamu bisa mengganti thermal paste yang baru.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Setelah kita membaca tentang penyebab laptop cepat panas, nah sekarang saya akan memberikan tips kepada kalian semua agar laptop yang kalian gunakan tidak mudah panas, diantaranya adalah sebagai berikut :

Atur Jadwal Pemakaian

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bahwa penggnaan laptop dalam jangka waktu yang lama akan membuat laptop tersebut menjadi cepat panas. Apalagi jika kamu menggunakannya secara terus terusan, maka dari itulah kamu bisa mengatur jadwal pemakaian laptop kamu agar tidak mudah panas.

Alangkah baiknya, jika kamu menggunakan mode sleep pada laptop setiap 4 jam sekali, namun kamu harus berhati hati juga dalam menggunakan mode sleep, jangan sampai terlalu lama. Karena jika menggunakan mode sleep terlalu lama akan menimbulkan masalah baru pada laptop kalian. Kamu bisa menggunakan mode shutdown jika tidak menggunakannya kembali.

Menggunakan Software Utility

Walaupun kamu menggunakan software ini, jika suhu pada laptop panas tidak akan berpengaruh apa apa, namun dengan adanya software ini kamu bisa memantau suhu laptop jika terjadi over hat dan kamu bisa melakukan tindakan terlebih dahulu untuk mengatasinya, seperti mematikan laptop atau menggunakan mode sleep.

Meperhatikan Alas Laptop

Seperti yang kita bahas sebelumnya, pemakaian alas pada laptop juga perlu kamu perhatikan. Jangan menggunakan alas  yang bisa menyerap kalor seperti bantal, selimut, kasur, dan benda lainnya yang memiliki teksture empuk akan membuat laptop kamu menjadi lebih panas.

Maka dari itu, kamu bisa menggunakan alas yang solid, datar, dan juga keras seperti meja, triplek, buku besar dan masih banyak yang lainnya. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi panas pada laptop yang kamu gunakan.

Hindari Komponen yang Di OverLock

Komponen pada laptop memang sangat jarang yang mendukung fitur overlock. Namun, jarang bukan berarti tidak ada, maka kamu bisa memeriksa konfigurasi yang ada di BIOS apakah ada komponen yang diatur melebihi clock bawaanya. Jika ingin aman, kamu bisa melakukan pengaturan bawaan atau default configuration pada BIOS di perangkatmu.

Instal Software yang Ringan

Aplikasi yang ada dilaptop kamu menjadi peran penting dalam kinerja laptopmu. Semakin besar resource yang dibutuhkan, maka semakin cepat pula laptop menjadi panas. Maka dari itu,kalian perlu memperhatikan system requirement sebelum kamu menginstal aplikasi pada laptop kamu. Jangan lupa untuk selalu mengecek spesifikasi laptop kamu, jika kurang dari minimum system requirement maka akan membuat laptop hang dan panas.

Nah, di atas sudah saya jelaskan tentang penyebab laptop panas dan cara mengatasinya. Semoga dengan cara ini bisa membuat laptop kamu menjadi lebih terawat lagi ya.

Mas Anggading

Founder dan Chief Editor di Masdewa.com. Lebih suka nonton main ketimbang menulis, menulis kalau lagi mood aja. Salam kenal ya!

Post a Comment

Previous Post Next Post