Cara Belajar dengan Teknik Pomodoro: Pentingnya Istirahat 5 Menit

cara belajar teknik pomodoro


Pada artikel kali ini aku mau ngebahas tentang Salah satu cara belajar yang bisa kamu manfaatin supaya kamu bisa belajar lebih fokus. Namanya adalah cara belajar dengan menggunakan teknik pomodoro.

Pengertian Pomodoro

Dari namanya aja sudah Jelas, Komodoro Itu bukan bahasa Inggris, apalagi bahasa Indonesia. Pomodoro itu artinya tomat dalam bahasa Italia. Terus apa hubungannya Tomat sama cara belajar? apa kalau makan tomat belajar kita bisa jadi lebih fokus?

Setahu aku sih sayuran tomat itu emang banyak mengandung vitamin A, dan vitamin A bagus buat mata. tapi ini nggak ada hubungannya sama teknik pomodoro Ya.

Jadi ceritanya di tahun 1992 ada orang Italia yang bernama Francesco cirillo yang ngerasa susah banget buat fokus untuk ngerjain tugas dia. dan untuk ngatasin ini Francesco cirillo mencoba pake timer buat Membagi waktu jadi 25 menit untuk tugas dan 5 menit untuk istirahat.

Nah kebetulan timer yang dipakai itu adalah timer yang biasa dipakai di dapur dan bentuknya tomat. Nah jadilah cara fransesco cirillo ini disebut teknik pomodoro.

Alat untuk menggunakan Teknik belajar pomodoro

Teknik ini simpel banget, kamu cukup punya timer bisa pakai timer di HP terus Setel alarm buat 25 menit . selama 25 menit ini kamu harus fokus sama kerjaan kamu atau sama pelajaran kamu. biar notif di HP nggak ganggu kamu bisa Set HP kamu ke Flight Mode atau ke Do Not Disturb mode.

Setelah alarm berbunyi, Kamu harus istirahat, kamu bisa Set waktu istirahat kamu selama 5 menit. selama waktu istirahat ini kamu bebas ngapain aja, bisa cek notif di HP ataupun Sedikit olahraga biar nggak aku.

Nah pas waktu istirahat habis kalau kerjaan atau belajar kamu belum selesai kamu bisa balik dan lanjutin lagi kerja atau belajarnya. dua langkah ini 25 menit belajar dan 5 menit istirahat bisa kamu ulangi terus sampai belajar kamu Akhirnya selesai. Istirahat 5 menit ini penting banget biar otak kamu bisa istirahat dulu dan kita fokus lagi nanti.

Sebuah riset dari University of illinois bilang, kalau kerja dalam jangka waktu yang lama tanpa istirahat, itu bisa bikin otak cepat jenuh yang ujungnya malah bikin kita sulit fokus dan jadi sering bengong. Malah jadi gak efektif kan belajarnya.

Selain penting buat istirahat, waktu 5 menit ini juga bisa kamu jadiin Reward atau hadiah setelah 25 menit fokus belajar. biar motivasi belajar kamu bisa nambah terus, setiap kamu mulai sesi belajar 25 menit berikutnya.

4 hal yang perlu kamu Siapin buat paket Teknik pomodoro


  1. Pertama Niat - Tanpa niat fokus selama 25 menit proses belajar kamu nggak bakal efektif. 
  2. Kedua Timer - Zaman sekarang enggak perlu pakai timer dapur ya, kamu bisa pakai HP 
  3. Ketiga - Pilih satu pekerjaan dan cuma boleh satu pekerjaan dalam satu waktu. kamu nggak boleh multitasking kalau lagi belajar bahasa Inggris Ya udah fokus sama pelajaran bahasa inggris sampai kamu selesai belajarnya.
  4. Keempat - pastiin Gak ada gangguan, selama 25 menit kamu belajar, cari tempat yang nyaman hindari potensi-potensi gangguan dari luar seperti notif HP, teman kamu yang ngajakin ngobrol, atau Ibu yang minta angkatin jemuran.


Itulah tadi Penjelasan tentang teknik pomodoro, kamu bisa pakai Teknik ini buat belajar. tapi tentunya ini bukan satu-satunya cara belajar yang bisa kamu pakai ya. masih ada banyak cara belajar lainnya yang mungkin lebih cocok dan pas buat kamu.

Yang terpenting adalah niat kamu, dan kamu harus disiplin. kamu harus semangat terus. kalau kamu punya cara belajar lainya agar lebih fokus itu lebih bagus lagi. silahkan kalian tulis di kolom komentar di bawah ini Ya. siapa tahu cara belajar kamu bisa lebih bermanfaat buat orang lain.

Post a Comment

Previous Post Next Post