Apa Yang Terjadi Pada Organ Tubuh Kita Saat Berpuasa

Yang terjadi pada tubuh kita saat berpuasa

Kali ini kita akan ngomongin apa yang terjadi pada tubuh kita saat berpuasa.

Seperti yang teman-teman ketahui, makhluk hidup termasuk manusia membutuhkan makanan untuk hidup berkegiatan dan sebagai sumber energi. Banyak efek negatif yang ditimbulkan akibat tidak makan dalam jangka waktu yang lama, seperti lemas, tidak bertenaga, pusing, timbul penyakit tertentu, sampai efek terburuk nya adalah kematian.

Secara teknis puasa berarti kita tidak makan dan tidak minum sama sekali dalam jangka waktu tertentu, itu penjelasan secara umumnya. Karena mungkin beberapa di luar sana juga ada yang berpuasa hanya beberapa jenis makanan atau minuman saja, umumnya puasa dilakukan dengan menahan makan dan minum sejak terbit matahari sampai tenggelam matahari. Puasa itu dapat mempengaruhi parameter biokimiawi dalam tubuh manusia. Frekuensi makan antara sebelum dan sesudah waktu berpuasa juga mengalami perubahan, metabolisme tubuh pada saat berpuasa berbeda dengan pada saat kita tidak berpuasa.

Teman-teman sumber energi untuk tubuh kita umumnya berasal dari glukosa, energi tersebut biasanya digunakan untuk aktivitas fisik, maupun metabolik basal. Pada orang yang berpuasa masukkan energi dari makanan berlangsung dengan interval yang berbeda, pada saat tubuh makan manusia memproses pencernaan dari karbohidrat, lemak, dan protein terutama menjadi glukosa, asam lemak, dan asam amino. Saat seseorang berpuasa atau dalam keadaan perut kosong, tubuh akan berusaha memperoleh Glukosa. Dalam keadaan inilah gula yang diperoleh akan memecah glikogen menjadi glukosa untuk mendapatkan energi. Selain itu juga melalui proses pembentukan Glukosa yang berasal dari bahan selain karbohidrat.

Tubuh kita akan beradaptasi dengan cepat dari hari ke hari ketika berpuasa, saat berpuasa usus telah menyerap nutrisi makanan yang telah dikonsumsi sebelum fajar atau pada saat sahur. Dalam keadaan normal glukosa Disimpan di hati dan di otot yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan energi pada tubuh.

Seperti apa sih sebenarnya tahapan penerimaan tubuh terhadap perubahan pola makan yang terjadi saat kita berpuasa, ini dia tahapnya:


  • Tahap pertama, pada awal-awal saat berpuasa kadar gula darah dan tekanan darah akan turun, tubuh kita akan memulai proses pembersihan atau cleansing, biasanya inilah awal-awal terberat karena akan timbul gejala-gejala sakit kepala, mual, dan rasa lapar yang berlebihan.



  • Tahap kedua tubuh mulai terbiasa dengan puasa dan sistem pencernaan bisa mulai istirahat, sistem pencernaan mulai fokus untuk membersihkan Racun Dan juga membersihkan sel-sel tubuh kita karena sel darah putih kamu aktif pada saat berpuasa.



  • Tahap ketiga ini energi tubuh sudah mulai meningkat, pikiran kita sudah mulai berkonsentrasi dengan lebih baik dan tubuh juga mulai membaik.Saat berpuasa proses perbaikan tubuh kita menjadi lebih efisien dan tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak pada tahap ini. organ tubuh seperti usus, hati, ginjal, paru-paru dan kulit melakukan detoksifikasi dengan mengeluarkan racun-racun dari tubuh



  • Tahap keempat, pada hari kesepuluh kita berpuasa, tubuh kita sudah menyesuaikan dengan proses berpuasa, tubuh menjadi lebih energik dan anda merasakan konsentrasi dan pikiran yang jauh lebih baik, saat berpuasa glukosa menjadi energi di jam-jam awal, Kemudian untuk energi jam-jam selanjutnya diperoleh dari lemak, pada saat cadangan lemak sudah habis maka sumber energi selanjutnya digantikan oleh protein yang ada di dalam tubuh kita.


Dan inilah yang terjadi pada tubuh saat tubuh menuju proses kelaparan tapi jangan khawatir proses perubahan protein menjadi energi tidak akan terjadi pada orang-orang yang berpuasa, karena kekosongan perut akan selalu berakhir pada saat waktu berbuka tiba.

Gimana Udah mulai paham dong tentang proses Dari mana sumber energi yang diperoleh dari tubuh, meski dalam keadaan puasa.
itu dia informasi kita hari ini jangan lupa untuk share ke tetangga, teman dekat, adik, keluarga dan semua masyarakat di muka bumi ini.

Post a Comment

Previous Post Next Post