Cara Mengobati Diare Dan Gejala Diare Pada Bayi

Gejala bayi pada bayi dan cara mengatasi diare

Gejala Diare Pada Bayi Yang Harus Kita Perhatikan

Cara Mengobati Diare Dan Gejala Diare Pada Bayi - Diare adalah Penyakit yang disebabkan oleh makanan dan minuman yang terjangkit virus, bakteri dan parasit. Biasanya diare disebabkan oleh makanan yang kotor, makanan yang telah di hinggapi serangga sejenis lalat. Dimana lalat itu telah meninggalkan virus kedalam makanan tersebut.

Diare merupakan penyakit yang sangat berbahaya, karena diare yang diderita oleh bayi banyak mengakibatkan kematian. Jadi buat para orang tua, yang anaknya terkena penyakit diare, sebaiknya segera diobati. Dan apabila kondisi terus memburuk segera periksakan kedokter spesialis.

Ketika bayi akan mengalami diare biasanya ada gejala-gejala yang berbeda pada setiap bayi. Jadi kita harus seksama dalam pemperhatikan kondisi bayi.

Gejala-gejala Diare yang harus diperhatikan pada bayi:

Sakit Perut

Sakit perut pada bayi bisa teridentifikasi mengalami penyakit diare. Diusia dini bayi tidak bisa memberi isyarat kepada orang tua bahwa perutnya sakit. Untuk menganalisa apakah bayi sakit perut yaitu kita lihat perut sang bayi apakah kembung atau tidak. Apabila kembung, sudah jelas anak anda bisa jadi terkena diare.

Mual dan muntah

Bayi yang terkena Diare biasanya perut akan terasa mual lalu bayi akan muntah. Pada kondisi seperti ini orang tua harus segera mangambil langkah untuk memeriksakan bayi anda kedokter. Karena kondisi bayi yang muntah-muntah, ketahanan tubuhnya akan menurun dan bayi akan lemas. Segera periksakan ke Dokter atau Bidan terdekat.

Bayi Sering buang Air besar

Penderita diare pasti akan sering buang air besar. Pada kondisi ini sangat berbahaya karena cairan dalam tubuh bayi akan terkuras. Dan pada kondisi ini daya ketahanan tubuh bayi akan menurun drastis. Wajah bayi akan terlihat pucat, Lesu, Lelah dan biasanya di barengi dengan suhu tubuh akan meningkat (panas) atau biasa disebut Demam.

Nafsu Makan Berkurang

Apabila bayi sudah berumur 6 bulan lebih, bayi yang biasanya suka makanan selain asi, akan menolak diberi makanan. Karena bayi yang mengalami diare nafsu makan akan berkurang.

Dari Gejala-gejala diare pada bayi diatas, kita harus waspada terhadap bayi kita. Segeralah mengambil tindakan agar bayi kita segera sembuh dari diare.

Cara mengobati Diare Pada Anak



Langkah-langkah pertolongan pertama ketika anak kita diare sebaiknya kita lakukan. Semisal rumah kita jauh dari Rumah sakit, dokter dan bidan, sebaiknya kita lakukan langkah-lankah pertolongan ketika anak kita terkena Diare.

Air Putih

Apabila bayi kita terkena diare, Buang air besar terus menerus. Sebaiknya kita berikan air putih semaksimal mungkin. Ini mencegah Dehidrasi anak dan kekurangan cairan dalam tubuh bayi. Atau apabila Bayi anda di bawah 6 bulan dan belum diberikan makanan selain asi. Sebaiknya anda beri Asi yang banyak agar bayi tidak dehidrasi.

Oralit 

Berikan obat oralit untuk menghentikan mencret pada bayi diatas 6 bulan. Anda bisa membelinya diapotik, Atau anda juga bisa membuatnya sendiri. yaitu dengan mencampurkan gula dan garam dengan air hangat. Pemberian Oralit akan manggantikan mineral natrium dan nutrisi yang hilang.

Pucuk Daun Jambu Biji

Selain buah jambu biji yang manis ternyata daun pucuk jambu biji dipercaya bisa mengatasi diare. Caranya Ambil pucuk daun jambu biji, pengambilanya jangan menggunakan jari tapi gunakan mulut kita untuk mengambilnya. Kemudian kunyah hingga lembut dan berikan pada bayi dengan cara langsung dari mulut ibu kemulut bayi. Obat Tradisional ini dipercaya sangat ampuh menghentikan penyakit diare.


Itulah tadi gejala Diare dan cara memberikan pertolongan pertama terhadap penyakit diare pada bayi. Jangan Anda lengah terhadap bayi kita. karena apabila kita lengah, bayi kita terancam nyawanya. Segeralah periksakan ke Dokter apabila kondisi bayi menurun kesehatanya.

Post a Comment

Previous Post Next Post