Cara Membuat Bibit Bengkuang Dengan Kualitas Biji Super

Tehnik atau Cara mendapatkan biji bengkuang berkualitas super

Menghasilkan bibit bengkuang super
Bengkuang merupakan tanaman umbi yang dapat hidup di daerah tropis, Bengkuang sangat banyak dikonsumsi sebagai makanan cemilan, contohnya dibuat untuk campuran rujak atau banyak orang bilang petis, dan sekarang ini masih dalam tahap uji ingin dibuat kripik bengkuang, namun sampai sekarang ini belum terealisasi karena masih dalam tahap pengujian.

ada banyak cara untuk menghasilkan bibit bengkuang dengan hasil biji yang super, tapi menurut saya sebagai penulis artikel ini ada cara yang paling jitu untuk menghasilkan bibit bengkuang agar bibit berkualitas super. Biji yang baik pasti akan menghasilkan bengkuang yang baik juga, begitu sebaliknya biji yang kurang baik akan menghasilkan bengkuang yang kurang baik.

Cara memilih bibit bengkuang agar biji berkualitas Super 

Pertama kita lakukan pemilihan bibit bengkuang, mungkin banyak yang belum tahu bibit bengkuang itu yang mananya yang dijadikan bibit? pertanyaan ini banyak di tanyakan oleh orang-orang yang belum pernah terjun di pertanian bengkuang. Jadi bibit bengkuang yang akan kita jadikan biji itu ya bengkuangnya itu sendiri.

Jadi bagaimana cara memilih bibit bengkuang unggul agar hasil biji berkualitas? kita pilih bengkuang yang berukuran kecil tapi berbodi atau berbentuk bagus halus, kenapa harus memilih bengkuang yang berukuran kecil? karena selain hemat biaya, hasil studi para petani bengkuang menyatakan bengkuang yang berukuran besar di bandingkan bengkuang berukuran kecil hasilnya akan lebih optimal bengkuang yang berukuran kecil. kenapa dikatakan hemat biaya? karena apabila kita membeli bibit dengan ukuran besar timbangan harga akan mahal juga, karena bengkuang dijual dengan harga per kilo bukan per biji. jadi selain hasil dari biji yang berkualitas super bisa menjadi alternatif menghemat biaya.

Tehnik cara menanam bibit bengkuang agar berbuah lebat

Lokasi merupakan faktor utama untuk menghasilkan biji bengkuang berkualitas super, karena meskipun bibit bengkuangnya bagus tapi lokasi penanaman tidak tepat maka hasil akan tidak optimal. Pilih lahan yang lapang, dalam arti jauh dari pepohonan, kalau dalam istilah bahasa jawa lahan dak atau lahan yang tidak ada pepohonan disekitar lahan. ini berpengaruh karena apabila di sekitar lahan ada pepohonan maka hasilnya pertumbuhan bibit tidak akan optimal.

Sebelum dilakukan penanaman siapkan carang atau lanjaran, fungsinya yaitu untuk tempat merambat pohon bengkuang, sebaiknya buat lanjaran yang agak tinggi kisaran tiga meter. memilih lanjaran sebaiknya menggunakan ujung dari pohon bambu atau biasa disebut carang, karena carang bambu akan bertahan satu musim panen. Apabila menggunakan lanjaran dengan kayu atau sejenisnya, dikhawatirkan tidak kuat sampai satu musim panen.

Selanjutnya tanam carang atau lanjaran dengan jarak sekitar satu meter, dengan cara berhadapan, carang bambu kan ujungnya melengkung nah lengkungan tadi di gabungkan dengan carang dihadapanya jadi saling berkaitan.

Berikutnya, tanam bibit bengkuang dengan ukuran satu carang dua bibit bengkuang. Sebelum dilakukan penanaman sebaiknya kita lubangi buat tempat bibit bengkuan tadi dan kita kasih pupuk kandang. tanam bibit dan kemudian tutup dengan tanah akan tetapi ujung dari batang bengkuang kita sisakan sekitar 5cm.

OH... iya ada yang ketinggalan gaes...ketika mengambil bibit bengkuang sebaiknya putong batang dan daun, sisakan batang bengkuang sekitar 5cm, kemudian taruh ditempat yang lembab dan sejuk, biarkan sampai bengkuang bertunas kembali, biarkan sampai bertunas sekitar 30-40cm baru siap untuk ditanam. Lakukan penyiraman berkala semisal kalau musim hujan ya gak usah di siram, tapi apabila musim kemarau lakukan penyiraman setiap hari pagi dan sore.

Selanjutnya tinggal kita menunggu hingga panen datang, untuk umur bibit bengkuang hingga panen tergantung iklim, kadang ada yang 3 bulan sampai 3,5 bulan.

Kita singkat sampai kepanen, yaitu cara memanen biji bengkuang agar hasil biji berkualitas super. langkah yang harus dilakukan dalam memilih buah biji bengkuang yang super yaitu kita pilih buah atau biji yang sekiranya udah tua, dalam arti tidak harus buah atau biji berwarna hitam kecoklatan, tapi ketika biji atau buah bengkuang berwarna kuning tua, itu sudah bisa di panen. lakukan pemanenan jangan sampai buah berwarna hitam kecoklatan, panenlah ketika warna buah kuning kecoklatan.

Setelah dilakukan pemanenan langkah yang harus kita lakukan agar biji bengkuang berkualitas super yaitu dengan menjemur buah biji bengkuang tadi beserta kulitnya ( Jangan dikupas biji dari kulitnya dulu) hingga warna kulit biji bengkuang berwarna hitam kecoklatan ( biasanya dilakukan penjemuran selama 3 hari) setelah sudah kering (hitam kecoklatan) baru bisa dikupas dan diambil bijinya.

untuk hasil yang optimal jemur biji bengkuang yang sudah dikupas tadi hingga kering, setelah kering, biji siap untuk ditanam.

dari cara pembuatan bibit bengkuang diatas jika dilakukan sesuai prosedur maka akan menghasilkan biji bengkuang berkualitas super.

demikian lah tadi tutorial cara membuat biji bengkuang agar berkualitas super. semoga artikel ini bisa menjadi manfaat buat kita semua.

Post a Comment

Previous Post Next Post