Tehnik Cara Menanam bengkuang Agar Hasil Panen Melimpah

Hasil panen bengkuang yang melimpah

Tehnik penanaman buah bengkuang yang benar

Bercocok tanam dengan membudidayakan tanaman bengkuang tidak semudah orang bayangkan, butuh ketelatenan dan ketelitian dalam merawat pertumbuhan tanaman bengkuang. Dalam membudidaya bengkuang ada beberapa cara atau tehnik untuk dapat menghasilkan panen yang melimpah.

Banyak para petani yang baru mencoba belajar menanam bengkuang tapi mereka tidak tahu tehnik bagaimana cara memelihara bengkuang, dan alhasil panen yang didapat tidak sesuai  dengan yang di inginkan. Akhirnya mereka putus asa berhenti menanam bengkuang lagi.

Untuk menanam bengkuang agar hasil panen melimpah dibutuhkan tenaga ahli profesional dalam bidang penanaman buah bengkuang, tidak sembarang orang bisa, karena ada perbedaan cara mengolah tanah dan merawat tanaman bengkuang tersebut.

Pengolahan lahan sebelum ditananam bengkuang

Cara menanam bengkuang yang benar adalah pertama kita siapkan lahan, dimana lahan tersebut harus di gemburkan atau dibajak rata semuanya. setelah dibajak buat gundukan setinggi kurang lebihnya 30cm dari dasar permukaan tanah, atau orang jawa bilang di GULUT. Buat gulutan tersebut separuh dari lebar tanah. jadi kita bikin gulutnya jangan memanjang tapi melebar.

Cara membuat Gulutan bengkuang


DImensi gulutnya sekitar panjang 20meter dan lebar 1 meter. tetapi itu sesuai selera anda, karena dibuat begitu agar ketika dalam perawatanya kita mudah dan tidak ribet. Buat antara gulutan dengan gulutan lainya diberi jarak 50cm atau agar kita bisa berjalan diarea kosong tersebut terserah dibuat berapa yang penting bisa untuk jalan ketika kita memetik ujung tanaman bengkuang tadi ketika dalam perawatan.

Setelah dibuat gulutan, agar hasil tumbuh bengkuang bagus, gunakan pupuk kandang untuk pelapis atas gulutan, caranya sebarkan diatas gulutan tapi jangan terlalu tebal kan boros...usahakan secukupnya saja. Setelah penyebaran pupuk kandang bagusnya diamkan selama 1-2 hari agar pupuk bisa meresap bercampur dengan tanah. setelah itu siap untuk di tanami.

Persiapan penanaman biji bengkuang kelahan penanaman. 

Agar biji bengkuang yang ditanam cepat tumbuh, lakukan cara berikut agar biji bengkuang tersebut cepat bertunas dan tumbuh rata semua.

Berikut Tips menyiapkan biji bengkuang sebelum ditanam

Biji bengkuang yang sudah siap di tanamkan sebelumnya harus direndam kurang lebih satu jam dengan obat pertanian yang biasa disebut ZPT atau zat perangsang tumbuh. rendam selama 1 jam sebelum ditanam, setelah direndam tiriskan dan keringkan. Apabila anda ragu tidak berani merendamnya biji bengkuang boleh dicampur saja dan diaduk-aduk hingga rata.

Apabila di area terdapat banyak hama semut, sebaiknya biji bengkuang yang sudah dikeringkan tadi dicampur dengan obat anti semut, pilih merek kesukaan anda. Aduk - aduk hingga rata. lalu kemudian siap ditanamkan. itulah cara menyiapkan biji bengkuang agar hasil pertumbuhan maksimal.

Penanaman bengkuang yang baik dan benar


Penanaman bengkuang pada area gulutan tadi sebaiknya dalam lebar satu meter diisi dengan lima butir biji bengkuang, buat lubang dengan menggunakan kayu atau orang jawa bilang TAJUK. ketika lubang -lubang hasil tajuk diatas sudah di isi biji bengkuang, jangan langsung ditutup menggunakan kaki, kenapa tidak boleh karena kalau kita tutup lubang tadi mengunakan kaki maka tanah akan menjadi padat dan akhirnya memperlambat pertumbuhan bengkuang. 

Cara menutup lubang biji bengkuang tadi kita gunakan sapu lidi, caranya kita sapukan di area lahan yang sudah ditanami biji bengkuang tadi, cara ini dilakukan agar area lahan tetap gembur dan tidak padat.

Perawatan tanaman bengkuang paska tumbuh


Setelah proses penanaman biji benkuang telah selesai selanjutnya kita masuk dalam perawatan pertumbuhan bengkuang agar buah bisa maksimal. proses ini yang dibilang agak rumit dan capek dalam pengerjaanya.

Ketika umur bengkuang mencapai 10-15 hari kita lihat karena pertumbuhan setiap bengkuang berbeda-beda. kita pastikan daun bengkuang sudah ada 3 daun dibatangnya, lakukan pemotongan pada ujung tunas baru yang tumbuh di batang bengkuang. dan proses ini dilakukan secara berulang ketika daun bengkuang mulai tumbuh dan mengembang banyak selalu potong ujung batang buah bengkuang (tunas baru yang tumbuh di ujung batang benkuang) proses ini dimaksudkan agar batang buah bengkuang tetap kerdil, ini dimaksudkan agar kandungan vitamin yang ada didalam tanah masuk ke dalam pertumbuhan biji.

Lakukan proses pemotongan hingga lebih dari 5 kali secara berulang. dan jangan lupa agar diberikan pupuk urea atau sejenisnya agar pertumbuhan buah bengkuang lebih optimal.

Dan setelah semua proses terlewati, tinggal tunggu hasil panen.
semoga artikel ini bisa menjadi bahan referensi buat para petani yang ingin menanam atau membudidayakan tanaman buah bengkuang.

Post a Comment

Previous Post Next Post