Cara Mengukur Kecepatan Internet Di Rumah Dan Kantor Anda !

cek kecepatan internet
Test Kecepatan Internet

Cara Mengukur Kecepatan Internet - Saat ini sangat banyak sekali jaringan WiFi yang tersedia secara Cuma Cuma, mulai dari perkantoran, cafe, tempat nongkrong, dan tempat tempat ramai lainnya. Smartphone, tablet, dan juga laptop pasti menikmati layanan wifi tersebut untuk mengakses internet.

Salah satu cara agar kamu bisa terhubung dengan Internet adalah dengan menghubungkan terlebih dahulu ke WiFi yang sudah tersedia. Cepat lambatnya kamu saat mengakses Internet tergantung dari koneksi WiFi yang kamu gunakan.

Mungkin banyak yang bertanya tanya, bagaimana cara mengetahui kecepatan jaringan Internet yang kita gunakan ??

Nah, di artikel yang akan saya sampaikan kepada kalian semua ini akan membahas tentang cara mengukur kecepatan sinyal WiFi di Windows dengan mudah. Untuk lebih jelasnya, yuk kita baca ulasan berikut ini :

Cara Mengukur Kecepatan WiFi Di Windows

Kinerja sebuah WiFi ini sangat ketergantungan dengan kekuatan sinyal radio yang dipancarkan. Antara titik akses dan perangkat terhubung juga menjadi kekuatan sinyal WiFi pada jaringan tersebut.

Nah, cara cara yang akan saya jelaskan kepada kalian semua ini adalah cara yang sangat sederhana, yang mana kalian bisa menggunakan cara ini hanya dengan sekali klik saja. Nah, sekarang kita langsung saja masuk ke pembahasan tentang cara mengukur kecepatan sinyal wifi di windows,

Cara Mengukur Kecepatan WiFi Di Windows

Ada dua cara yang bisa kalian lakukan untuk mengecek kecepatan WiFi di windows, diantaranya adalah sebagai berikut :

Menggunakan Website 

Cara yang pertama, yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan sebuah website, website yang berguna untuk mengecek kecepatan internet sangatlah banyak. Namun, diantara mereka masih banyak yang menggunakan situs speedtest.net dan speedtest.cbn.net kedua situs ini bisa memberikan informasi tentang kecepatan wifi yang kalian gunakan, langkah langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama, kalian bisa membuka webiste speedtest.net atau speedtest.cbn.id
  • Disini saya menggunakan situs speedtest.cbn.id, Jika sudah terbuka situsnya, kalian bisa klik GO
  • Lalu, kalian bisa menunggu beberapa saat untuk bisa melihat hasilnya, jika sudah selesai kalian akan mendapatkan informasi tentang kecepatan internet yang mencakup kecepatan ping (ms), download (Mbps) dan juga Upload (Mbps).

Menggunakan Task Manager

Siapa sangka, bahwa task manager juga bisa digunakan untuk mengukur keepatan internet yang sedang kita gunakan. Mungkin kalian semua hanya mengetahui bahwa task manager ini berguna untuk mengakhiri sebuah aplikasi secara paksa, namun ternyata Task Manger juga bisa digunakan untuk mengecek kecepatan Internet. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama, kalian bisa masuk ke Task Manager dengan cara klik kanan pada tool bar lalu kalian bisa pilih Task manager.
  • Jika sudah terbuka, kalian bisa pilih menu More Details.
  • Lalu, kamu bisa pilih performance, kemudian kamu bisa pilih WiFi.
  • Maka, disini kamu bisa melihat grafik kekuatan koneksi wifi yang kamu gunakan.

Nah, cara diatas adalah mengukur kecepatan wifi dengan windows dengan mudah. Dengan kamu melihat kecepatan Internet atau WiFi yang kalian gunakan menjadikan kalian tahu bahwa cepat atau lambatkah sebuah koneksi tersebut. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Mas Anggading

Founder dan Chief Editor di Masdewa.com. Lebih suka nonton main ketimbang menulis, menulis kalau lagi mood aja. Salam kenal ya!

Post a Comment

Previous Post Next Post