Tips Mengatasi Not Responding Pada Aplikasi Di PC

cara mengatasi komputer hank


Mengatasi Not Responding Di PC - Komputer dan juga laptop sudah menjadi salah satu perangkat yang dibutuhkan oleh manusia dizaman modern seperti sekarang ini. Laptop dan komputer juga memiliki banyak manfaat yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari hari seperti mengerjakan tugas kuliah, bekerja, bermain game, editing, internetan, menonton film dan masih banyak yang lainnya.

Nah, untuk kalian yang sudah lama menggunakan komputer tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Not Responding atau bahkan kamu sering mengalaminya ?

Ketika Laptop mengalami Not Responding disaat sedang mengerjakan pekerjaan, pasti akan sangat menjengkelkan. Karena disaat itu juga pekerjaan kita akan terhambat dan bisa menyita waktu kita.

Nah, maka dari itu disini saya akan memberikan solusi kepada kalian semua untuk mengatasi laptop not responding dengan mudah. Namun, sebelum ke inti pembahasan alangkah baiknya jika kita baca tentang penyebab laptop Not Responding terlebih dahulu.

Penyebab Laptop Not Responding


Not Responding biasanya terjadi karena cache dan juga file sampah yang ada di komputer atau laptop, yang mana cache dan juga sampah ini akan membebankan RAM jika tidak kalian bersihkan dan tentu akan membuat laptop kalian menjadi lebih lambat dan lemot.

Selain cache, Not Responding juga bisa disebabkan karena Sistem Operasinya yang bermasalah, misalnya saja Sistem Operasimu terkena banyak virus hal ini akan membuat laptop kamu menjadi kurang maksimal. Komputer yang sudah terinfeksi dengan virus akan membuat rusak pada sistem windows yang kamu gunakan.

Tidak hanya itu saja, panasnya CPU dan VGA juga bisa menjadikan kinerja pada laptop menjadi lambat. Nah, hal inilah yang terkadang membuat aplikasi sering error, macet, hang, dan juga Not Responding.

Bahkan hardisk pun bisa menjadi salah satu penyebab yang bisa membuat laptop atau PC kamu menjadi hang atau Not Responding, solusinya kalian harus bisa merawat semuanya dengan baik.

Cara Mengatasi Not Responding Di PC / Laptop


Setelah diatas kita membaca tentang penyebab terjadinya Not Responding pada PC / Komputer, berikut ini adalah solusinya yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi Not Responding pada Laptop atau PC.

Mematikan Program


Langkah yang pertama adalah kalian bisa mematikan atau menutup program yang berjalan secara paksa. Untuk melakukan cara ini kalian bisa memanfaatkan fitur task manager yang ada di laptop.

Caranya adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama, kalian bisa tekan tombol yang ada di Keyboard CTRL + ALT + DELETE
  • Jika sudah, kalian bisa pilih menu Task Manager
  • Jika sudah, kamu bisa pilih aplikasi yang membuat laptop kamu hang atau Not Responding
  • Lalu kamu bisa klik End Task untuk menutup secara paksa aplikasi tersebut.

Menguninstal Aplikasi


Banyaknya aplikasi yang terpasang di Laptop membuat laptopmu menjadi lebih berat dan juga akan memakan resource yang besar. Maka dari itu, jika kamu sering mengalami aplikasi Not Responding, kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang terinstal di Laptop kamu.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan kamu menguninstal aplikasi atau software yang tidak terlalu penting dan tidak pernah digunakan.

Caranya adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama, kalian bisa masuk ke Control Panel dengan cara klik Windows lalu pada menu Windows akan ada menu Control Panel. Namun untuk kalian yang menggunakan Windows 8, 8.1, dan juga Windows 10. Kalian bisa tekan Windows + R lalu kalian ketik Control Panel dan Enter.
  • Jika sudah terbuka, kamu bisa klik pada menu Program
  • Jika sudah, maka akan muncul jendela selanjutnya dan kamu bisa memilih Program and Features
  • Nah, setelah itu disana akan ada banyak aplikasi yang terinstal di Laptop kamu. Kamu bisa menguninstalnya dengan cara klik kanan pada aplikasi yang akan kalian uninstal dan kalian tunggu beberapa saat untuk proses penghapusan aplikasinya.

Nah, itulah beberapa solusi yang saya berikan kepada kalian semua tentang cara mengatasi not responding pada aplikasi di PC / Laptop, jika cara di atas masih belum bisa diatasi kamu bisa bawa Laptop atau PC kamu ke tempat service, mungkin saja ada hardware yang diganti agar laptop kamu berjalan dengan maksimal.

Post a Comment

Previous Post Next Post